cakrasambhava danceBeberapa bulan yang lalu, telah diadakan tarian tahunan Cakrasambhava di Monastri Zurmang di Qhing Hai - china. Tahun ini tarian cakrasambhava (acara Zurmang Tso Ghar Che mo) dilakukan oleh H.E. Zurmang Tenga Rinpoche XII , Ven. Zurmang Zaptang Rinpoche VII, serta beberapa Khenpo dan Lama senior di monastri utama Zurmang di Qhing Hai - China (monastri ini di dirikan oleh Mahasidha Trung Mase - yang tak lain adalah H.E. Zurmang Gharwang Rinpoche I ). Acara ini merupakan salah satu acara penting yang di nanti-nantikan oleh umat, karena di yakini, dengan melihat tarian ini, maka kita tidak akan terlahirkan di alam rendah.

Umat telah datang dari berbagai penjuru di Qinghai pada subuh hari sebelum jam 4 pagi, bahkan ada beberapa umat yang tinggalnya cukup jauh, telah datang pada malam sebelumnya mengendarai kuda, serta menginap di monastri , karena tidak ingin kehilangan momen dalam menyaksikan tarian sakral tersebut.

Tarian Cakrasambhava ini merupakan tarian yang di ajarkan langsung oleh para Dakini dalam penampakan yang di alami oleh H.E. Zurmang Gharwang Rinpoche VI saat beliau masih sangat muda. Sejak saat itu, tarian ini merupakan salah satu tarian utama tahunan yang di adakan oleh monastri Zurmang di Qinghai.

Catatan: Trung Mase atau H.E. Zurmang Gharwang Rinpoche I , merupakan emanasi dari Tilopa. Sedangkan Mahasidha Tilopa merupakan putra dari pasangan Cakrasambhava dan Vajrayogini / Vajravarahi. Ajaran authentik "bisikan Dakini" merupakan ajaran yang di terima langsung oleh Tilopa dari para Dakini (bukan seorang guru berwujud manusia), yang kini lebih dikenal dengan nama "Ajaran Silsilah Bisikan Dakini Zurmang Kagyud"). Sehingga Yidam Cakrasambhava dan Vajrayogini/Vajravarahi  merupakan yidam utama dalam ajaran silsilah bisikan dakini Zurmang Kagyud.

Berikut dapat dilihat beberapa photo yang di ambil saat acara tarian Cakrasambhava di monastri zurmang di Qinghai beberapa bulan yang lalu.